Jumat, 24 Februari 2012

SUSUNAN RUANG RUMAH



Dengan adanya fungsi dan sifat ruangan yang berbeda-beda di rumah, maka ruangan-ruangan itu harus diatur dan disusun dengan baik agar tercipta efisiensi dan kenyamanan. Ruangan dengan fungsi yang saling berhubungan sebaiknya diletakkan berdampingan (misal dapur dengan ruang makan), tetapi ruangan dengan sifat dan fungsi berlainan jangan diletakkan berdekatan, misal : kamar tidur dijauhkan dari dapur yang berisik dan sehingga ada asap memasak.
Untuk menyusun ruangan-ruangan rumah tinggal, maka perlu dikelompokkan :
1.    Kelompok ruangan umum (publik area) disini orang luar boleh masuk dan bertemu dengan pemilik rumah, termasuk dalam kelompok ini adalah teras dan taman/halaman depan.
2.    Kelompok ruangan pribadi, disini orang luar tidak boleh masuk, termasuk kelompok ini adalah kamar tidur, kamar kerja pribadi.
3.    Kelompok ruangan semi publik, disini famili atau teman akrab boleh masuk, dalam kelompok ini adalah ruang keluarga, ruang makan dan ruang belajar.
4.    Kelompok ruang kerja/pelayanan (service area), termasuk dalam kelompok ini adalah dapur, gudang, garasi, ruang cuci/seterika, tempat jemuran dan lain sebagainya.
Pada sebuah rumah tinggal sederhana, minimal ada empat ruangan pokok yaitu :
1.    Ruang serbaguna yang berfungsi sebagai ruang tamu/keluarga dan makan
2.    Kamar tidur
3.    Dapur (sekalian dapat untuk ruang makan)
4.  KM/WC

2 komentar:

  1. Dari berbagai macam konsep rumah yang tersedia, selain desain dan gambar rumah minimalisnampaknya rumah berkonsep klasik adalah rumah dengan konsep yang tak lekang dimakan oleh waktu. Dan dapatkan pilihan atau model dekorasi rumah Anda di Sini

    BalasHapus
  2. The Best Titanium Hair Colors
    A blend of titanium exhaust red and white has become one of the most popular sunscreen with titanium dioxide colors. This unique titanium mens ring shade blue titanium of red is the base where to buy titanium trim for an extremely complex

    BalasHapus